Automotive Performance Information
Automotive Performance Information

Sunday, March 30, 2008

otor Honda Baru di tahun 2008

Saat ini gencar sekali Astra Honda Motor mengeluarkan produk-produk kuda besinya kepasaran baru-baru ini. Seperti kita ketahui seperti Fit X yang merupakan penyempurnaan dari Fit S. Dilanjutkan dengan new face lift dan new stripping pada Supra X 125 CW dan Supra X 125 PGMFI. Dan terakhir new stripping pada Honda Vario. Entah lah yang ada di benak petinggi-petinggi Honda (baca AHM). Yang penting 2007 ini mereka jangan sampai kesalip oleh Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) dalam hal total penjualan kendaraan roda dua.

Yang jadi pertanyaan, dengan begitu banyaknya produk-produk baru AHM di tahun 2007 ini, apakah AHM juga akan mengeluarkan produk-produk baru di tahun 2008 nanti? Eittt. Tunggu dulu. Jangan pesimis dulu dengan AHM. Sebab 2008 nanti, menurut salah satu sumber yang dikutip dari Tabloid Otomotif kemarin, justru akan keluar 5 produk baru baik itu penyempurnaan bodi, face lift, bahkan mesin. Untuk mesin bahkan ada yang benar-benar baru dan belum pernah dirilis selama Honda menginjakkan kakinya dibumi pertiwi ini. Apa saja itu

  1. Honda Air Blade
  2. Honda New Mega Pro
  3. Honda Sonic 125 cc
  4. Honda 135 cc
  5. Honda Revo 110 cc

Mari kita telaah satu per satu tentang produk baru tersebut.

1. Honda Air Blade.


Jelas sekali Air Blade yang telah dirilis Honda Thailand beberapa waktu yang lalu, akan menjadi pesaing kuat bagi Yamaha Nouvo Z maupun Suzuki Skywave yang baru diluncurkan. Dengan tipikal bebek-matic, dan bukan skuter-matic, tampaknya AHM menyadari penggemar motor matic 2008 bisa lebih besar dari motor manual.


2. Honda New Mega Pro

Masih belum jelas apa yang akan banyak dirubah pada New Mega Pro ini. Yang jelas akan lebih dimaksudkan agar bersaing dengan Yamaha Vixion yang sampai saat ini indennya saja masih panjang sekali. Tentunya AHM tidak mau tinggal diam, karena justru Mega Pro buatan AHM kalah bersaing. Bisa jadi New Mega Pro ini menggunakan teknologi injeksi seperti halnya Supra X 125 PGMFI yang sudah menggunakan teknologi injeksi.

3. Honda Sonic 125 cc

Honda Sonic ini sebenarnya saudara dari Honda CBR 125 yang dipasarkan di Eropa. Dengan tenaga yang mencapai 13,5 HP pada kitiran 10.500 rpm. Mesin Sonic ini juga sama dengan yang digunakan Honda CBR 150 yang banyak lalu lalang dijalanan Jakarta, cuma beda cc saja. Jelas-jelas AHM akan menjadikan Honda Sonic ini saingan dengan Suzuki Satria F150.

Dengan ukuran bore x stroke 58 x 47,2 mm, jelas akan membuat mesin ini cukup bertenaga dan membuat Honda percaya diri mengikuti balapan nasional dan tidak hanya menyelenggarakan OMR. Bila dibandingkan ukuran bore x stroke Supra X 125 yang mempunyai 52,4 x 57,9 mm yang mengandalkan keiritan, tampaknya AHM mulai menyadari justru mulai banyak orang yang suka dengan motor yang kencang, dibandingkan dengan motor yang irit. Selain itu, Honda Sonic ini sanggup menembus kecepatan 160 km/jam dengan mesin standar.

4. Honda mesin baru 135 cc

Apa yang ada dipikiran banyak orang dengan produk baru Honda 135 cc ini? Di Indonesia tidak ada satupun yang bermain pada cc ini kecuali Yamaha. Produk pesaing jelas-jelas Jupiter MX 135 cc yang sudah berpendingin air. Namun belum jelas juga apakah AHM akan mengusung mesin yang berteknologi sama, atau hanya bore-up saja dari mesin 125 cc nya.

5. Honda Revo 110 cc

Saat ini kita tahu Honda Revo hanya menggunakan mesin 100 cc peninggalan Astrea jadul (jaman dulu - red). Dengan peningkatan kapasitas mesin Revo ini, jelas akan head-to-head dengan Suzuki Smash 110 cc dan Jupiter Z 110cc.

0 comments:

Post a Comment

 
Automotive Performance